Pages

Banner 468 x 60px

 

Jumat, 05 April 2013

Rangkuman Materi Kelas 9 Semester 2 Bab 3

0 komentar
Mengakses Internet

A. E-Mail 

     Internet sebagai jaringan internasional dapat digunakan untuk mendukung kegiatan belajar kita di sekolah. Untuk mempermudah kita dalam mencari informasi tersebut, kita akan menggunakan fasilitas Search Engine. Begitu banyak situs Search Engine yang dapat di akses , namun dalam pembelajaran kali ini kita akan menggunakan Search Engine Google, karena Google merupakan situs serach engine yang paling banyak menampung database informasi dan situs. Untuk lebih jelasnya, mari pelajari materi berikut dengan seksama. 

1. Mencari Informasi Pendidikan

    Untuk mencari informasi pendidikan dengan bantuan search engine Google, kita dapat mengikuti langkah langkah berikut.

a. Jalankan browser Internet Explorer
b. Ketika alamat www.google.com, kemudian tekan enter
c. Setelah muncul homepage Google, ketikkan kata kunci pendidikan kemudian tekan enter atau klik tombol Telusuri dengan Google.
d. Hasil pencarian yang ditampilkan menunjukkan bahwa google telah menemukkan infirmasi seperti artikel, dokumen, situs, dll.
e. Klik salah satu hyperlink tersebut, misalnya kita pilih Pendidikan Network Indonesia (Education Net) – Pendidikan….
f. Hyperlink yang kita pilih tersebut akan membuka situs www.pendidikan.net, dari situs inilah kita akandapat menemukan berbagai macam informasi yang berhubungan dengan pendidikan.

2. Membuka informasi dengan menambahkan kata Portal pada Keyword 

    Portal berfunsi sebagai pusatinformasi yang telah dikelompokkan dalam kategori tertentu. Untuk melakukan pencarian dengan menambahkan kata portal.

3. Menggunakkan Tanda Kutip(“) pada Kata Kunci 

    Penggunaan tanda kutip pada kata kunci untuk lebih memfokuskan pada pencarian informasi yang kita butuhkan. Search engine akan mencari informasi yang mengandung kata kunci yang ada dalam tanda kutip. Misalkan kita mengetikkan kata kunci “BANK SOAL”. Search engine akan mencari informasi yang mengandung frasa BANK SOAL.

4. Menggunakan tanda plus (+) pada Kata Kunci 

    Apabila kita ingin mencari informasi yang memuat lebih dari satu kata kunci, kita dapat menggunakan tanda plus sebagai tanda penghubung kata kunci tersebut. Misalkan kita ingin mencari informasi mengenai beasiswa keluar negeri. Untuk mencari informasi tersebut, kita dapat memasukkan kata kunci beasiswa+studi+luar+negeri pada searc engine.

5. Mencari File Gambar (Image) di Internet 

    Search engine google juga menyediakan fasilitas untuk digunakan mencari file-file gambar yang ada di internet. Untuk menggunakannya, kita dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

a. Buka search engine Google.
b. Klik bagian Gambar yang terletak diantara pilihan Web.Grup, dan Direktori.
c. Masukkan kata kunci, misalkan astronomi, kemudian tekan enter.
d. Google akan menampilkan hasil pencarian yang berupa file gambar.
e. Untuk memperbesar tampilan gambar, klik dua kali pada gambar yang diinginkan.

6. Menerjemahkan teks atau web ke bahasa lain 

    Langkah-langkah untuk menerjemahkan teks atau web ke bahasa lain adalah sebagai berikut.

a. Buka browser dan buka www.translate.google.com
b. Tuliskan teks atau web yang akan diterjemahkan, misalnya menerjemahkan teks dalam bahasa inggris kedalam bahasa Indonesia
c. Kemudian akan ditampilkan hasil terjemahan, misalnya Money = Uang.

7.  Mencari Forum Komunitas di Internet 

     Di internet banyak sekali forum-forum yang di bentuk oleh komunitas dengan beragam minat. Misalnya : komunitas sains dan iptek, komunitas yang mempelajari geografi, dan komunitas penggemar matematika. Dari forum ini sesame anggotya komunitas dapat saling bertukar informasi dan berdiskusi untuk menemukan jawaban dari suatu permasalahan. Komunitas antaranggota ini biasanya menggunakan e-mail. Untuk mencari komunitas-komunitas yang ada di internet, kita dapat menggunakan search engine Google.


B. Mengelolah Informasi dari Internet 

1. Menyimpan Halaman Web 

    Jika hendak menyimpan halaman web menjadi sebuah file yang disimpan dalam computer sehingga dapat dilihat tanpa harus terhubung ke internet, gunakanlah cara berikut.
a. Misalnya anda ketik alamat web www.id.berita.yahoo.com/sanggupkah /indonesia/menang/lawan/iran-172929309.html
b. Untuk menyimpan halaman tersebut kedalam hard disk, klik menu File pada Firefox kemidian Save As.
c. Saat muncul jendela save file dialog untuk menentukan nama file dan tempat file yang akan dibuat, silakan pilih tempat yang dikehendaki kemudian klik Save.
d. Browser akan menytimpan pada tempat yang telah kita tentukan
e. Bukalah halaman web yang telah disimpan. Perbedaannya adalah pada textbox alamat merupakan file yang mereferensikan letak file di hard disk.

2. Menyimpan halaman web (Hanya Text) 

    Untuk menyimpan halaman web, tetapi kita hanya ingin menyimpan teks, caranya sama dengan menyimpan seluruh halaman web. Perbedaannya pada kotak Save As Type, pilihlah Text File (*.txt) .

3. Menyimpan Gambar dari Halaman Web

    Untuk menyimpan gambar yang terdapat pada halaman web, kita dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.
a. Arahkan kursor mouse pada gambar yang akan disimpan.
b. Klik kanan mouse, pilih Save As Image …
c. Setelah muncul kotak dialog Save picture. Pada kotak File Name, isikan nama filenya. Pada kotak save as type, pilih format gambar JPEG, GIF, atau Bitmap, kemudian klik Save. 

4. Mencetak Halaman Web 

    Untuk mencetak halaman web, langkah –langkahnya adalah sebagai berikut.
a. Pastikan printer sudah menyala dan terhubung di computer dengan benar.
b. Pada halaman web yang masih aktif pilih menu File pada Firefox, kemudian pilih Print.
c. Setelah muncul kotak dialog print, pilih ALL jika kita akan mencetak seluruh halaman. Pilih Pages untuk memilih halaman beberapa saja yang akan dicetak, kemudian tekan OK untuk mulai mencetak.

0 komentar:

Poskan Komentar